Kemanapun Kan Ku kejar

0
488

Ust Abu Jabir alkindi / Syafiq Riza Basalamah
Semua yg hidup memiliki target yg dikejar dalam kehidupan ini. Ditinggalkan kampung halamannya karena dia ingin mendapatkan kebahagian di kota ini. Yg dikejar manusia adalah kebahagian. Banyak manusia yg mencari kebahagian di tempat yg salah. Spt org yg mencari mutiara di padang pasir, padahal mutiara ada di laut. Sebagian berpikir bahwa kebahagian ada pd harta sehingga mereka bersusah susah bangun dr pg ke kantor dg macet2an. Sebagian ada yg berpikir kebahagian ada di popularitas sehingga berusaha utk tampil di tv-tv. Sebagian berpikir kebahagian ada pd anak, ternyata anaknya durhaka dan tdk memberikan kebahagian.
Kebahagian itu adalah ketentraman di dalam jiwa. Kebahagian itu ada di dalam hati. Tdk semua org sukses bahagia, tapi semua org bahagia pasti sukses. Islam tdk melarang kita utk menjadi kaya tapi jgnlah dunia dijadikan ambisi dlm kehidupannya. Jika dia berambisi dunia maka Allah akan memberikan kemiskinan di dalam hatinya, dia merasa tdk aman thd hartanya, hartanya diasuransikan. Allah cerai beraikan urusannya. Dunia hanya sbg jembatan
Jika dia menjadikan akherat sbg tujuannya maka dia akan merasa selalu bersyukur, selalu bahagia, maka Allah jadikan kekayaan di hati. Urusannya akan dimudahkan oleh Allah sehingga dia bisa bersama2 dg keluarganya.
Mengejar dunia spt mengejar bayangan tapi kalo kita balik maka bayanganlah yg akan mengikuti kita. Semua yg keliatannya bagus2 didunia ini semuanya akan hilang dan akan menjadi debu. Kebahagian ada di hati, akan ada kedamaian di hati apabila selalu mengingat Allah.
Rahmat Allah akan meliputi kita semua selama kita berada di dalam mesjid, tapi banyak org lebih memilih datang ke tempat2 konser musik.
Kebahagian yg hakiki diliputi oleh segala hal yg tidak disukai manusia.
Faktor pendukung kebahagian ada 4 hal :
1. Istri atau suami yg sholehah atau sholeh, istri yg menjaga kehormatan dirinya, istri yg kalo dipandang suaminya maka suaminya akan tenang, istri yg taat apabila disuruh oleh suaminya.
2. Rumah yg luas, bukan rumah yg mewah. Banyak org memaksakan diri tinggal di jkt tp di dlm rumah yg sempit. Kembali ke kampung halaman adalah lebih baik.
3. Kendaraan yg nyaman, bukan yg mahal, bukan yg baru. Sebagian ada yg memaksakan diri utk dpt kendaraan yg baru sehingga berhutang dan akhirnya susah bayar.
4. Tetangga yg baik, banyak org yg pindah komplek karena tetangga yg tdk baik. Berdoa kpd Allah agar diberi tetangga yg baik.
Sebaik2nya harta yg baik adalah di tangan org yg baik. Hadits : barangsiapa yg aman didirinya, sehat badannya, ada makanan maka seakan2 dunia dan seisinya di berikan oleh Allah kepadanya. Seorang muslim merasa cukup dg 3 nikmat tsb.
Untuk mendapatkan kebahagian adalah dg mentauhidkan Allah, mengesakan Allah maka Allah akan memberikan kebahagian yg hakiki.

Ade Chandra – Sahabat Imanuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.