Keluargaku Surgaku

0
761

Faidah ringkas dari kajian ilmiah, ‘Keluargaku Surgaku’ bersama al-Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc حَفِظَهُ اللهُ

?Bisakah kita menggapai surga melalui keluarga ? Sangat bisa. Islam adalah agama yang sempurna, islam telah mengatur segala sesuatu, termasuk dalam perihal upaya-upaya seorang muslimin & muslimah untuk menggapai surga bersama keluarga.
Secara umum, ada beberapa hal yang bisa diupayakan supaya kita bisa menggapai surga bersama keluarga tercinta :

1⃣Menanamkan keimanan yang benar & murni kepada Allah

Ketika menceritakan keadaan para penghuni surga, Allah Jalla Jalaluhu menyebutkan salah satu kenikmatan yang akan didapat oleh penghuni surga. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya) :

?”Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. at-Thur: 21)

?Imam Ibnu Katsir -rahimahullah- menukil riwayat, bahwasanya seorang sahabat yang mulia, Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma- sesaat sebelum membaca ayat diatas, beliau berkata :

?”Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat anak seorang mukmin (di surga), menjadi seperti derajat ayahnya yang lebih tinggi, meskipun amal anak tsb tidak lebih banyak (dari ayahnya), supaya sang ayah merasa sejuk matanya dengan keberadaan anaknya tersebut.”

?Intinya, kita akan berkumpul kembali dengan keluarga di surga-Nya kalau kita menanamkan keimanan kepada anak-anak kita, menanamkan nilai-nilai tauhid, mengajarkan bahwasanya tempat bergantung, tempat berdo’a serta meminta segala sesuatu hanyalah kepada Allah ‘Azza wa Jalla..
?Adapun manusia, itu hanyalah sebagai sebab. Hakikatnya, nikmat yang kita dapat selama ini adalah berasal dari Allah ‘Azza wa Jalla.

2⃣Menjadikan diri serta keluarga sebagai hamba yang shalih & shalihah

?Allah Jalla Jalaluhu menyebutkan salah satu do’a para malaikat untuk hamba-hamba-Nya yang shalih & shalihah. Dalam surah Ghafir ayat 8, Allah Ta’ala berfirman :

✨”Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,”

?Dalam ayat diatas, Allah mengabarkan kepada kita salah satu do’a yang dipanjatkan oleh makhluk-Nya yang mulia, yang memiliki banyak kelebihan dibanding makhluk yg lain, yaitu :
?Terbebas dari dosa
?Selalu ta’at kepada Allah disetiap saat
?Tidak pernah membangkang kepada-Nya

Dengan berbagai kelebihan itulah, do’a para malaikat menjadi do’a terbaik, do’a yang tidak akan ditolak, do’a yang akan selalu di-ijabah oleh Allah Jalla Jalaluhu..

Dan do’a tersebut hanya ditujukan bagi hamba-hamba yang shalih & shalihah, yang berusaha untuk selalu berada dijalan-Nya yang lurus, serta menjauhi segala perkara yang dapat mengantarnya kepada jurang api neraka.

3⃣Bersabar bersama keluarga

?Allah juga mengabarkan kepada kita keadaan penghuni surga, sesaat setelah mereka memasukinya. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya) :

?”(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu. (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum” (keselamatan atas kalian, berkat kesabaran kalian). ” (QS. Ar-Ra’du: 23-24)

?Dalam ayat diatas, Allah mengabarkan kepada kita, para penghuni surga akan mendapat penyambutan dari para malaikat berupa ucapan salam, dan salam yang diucapkan oleh malaikat kpd penghuni surga, memberi kita pelajaran bahwasanya salah satu upaya untuk menggapai surga Allah bersama dgn keluarga adalah dengan bersabar.
? Bersabar dengan perintah yang dibebankan, larangan-larangan-Nya, maupun dengan ujian & musibah yang Allah timpakan kpd kita sebagai seorang hamba.

?Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Yang benar datangnya dari Allah, yang salah datangnya dari ana & dari godaan syaithan..

Wallahu a’lam bish shawab.

✏Ditulis pada: 24 Shafar 1437 di daerah BSD, Tangerang selatan.

?(Rafli Amanda – Sahabat Imanuddin)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.