Ini Penyebab Dosaku

0
527

Ustadz Ahmad Zainudin

Manusia tdk pernah lepas dr dosa. Selalu melakukan kesalahan. Sebaik2 org yg melakukan kesalahan adalah org yg bertobat kpd Allah.
Mengapa manusia banyak dosa? Ibarat penyakit maka kita harus tau penyebabnya dan berusaha menghindari penyebab sakit itu. Janganlah seorg muslim masuk ke dlm lobang yg sama dua kali. Hudzaifah bin Yaman : org2 betanya kpd Rasul ttg kebaikan tp aku bertanya ttg keburukan karena aku khawatir ttg keburukan tsb. Manusia melakukan dosa bukan hanya karena iblis (setan dan jin). Buktinya kemaksiatan tetep terjadi di bulan ramadhan walaupun setan dan jin telah dibelenggu. Penyebab dosa adalah sifat2 yg buruk dr manusia itu sendiri.
Sifat2 buruk tsb :
1. Surah Hud 9
وَلَئِنْ أَذَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنَّا رَحْمَةً ثُمَّ نَزَعْنَاهَا مِنْهُ إِنَّهُ لَيَئُوسٌ كَفُورٌ
Dan jika Kami rasakan kepada manusia suatu rahmat (nikmat) dari Kami, kemudian rahmat itu Kami cabut daripadanya, pastilah dia menjadi putus asa lagi tidak berterima kasih.
Sifat buruk manusia adalah apabila dia dpt nikmat lalu diuji oleh Allah langsung putus asa dan tdk mensyukuri nikmat yg terdahulu. Padahal nikmat yg dicabut hanya sedikit saja. Menuduh Allah tdk adil dsb. Selalulah bersyukur kpd Allah di setiap keadaan. Al A raf 16-17
قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ
Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,
ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ
kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).
Bersyukur dan bersabarlah atas segala ujian dr Allah, jangan pernah menyalahkan Allah thd apa yg terjadi thd kita. Hati2 thd target utama iblis thd kita yaitu membuat manusia tdk bersyukur, sedikit2 mengeluh ttg keadaan dirinya. Contohlah nabi Ayub yg mendapat penyakit yg parah sampai2 ditinggal oleh istrinya tp dia tetep bersyukur kpd Allah. Ingat2 lah ttg target iblis tsb, karena dibalik bersyukur terdapat tauhid. Kita banyak mengucapkan Alhamdulillah pd saat kita memperoleh nikmat harta , duit, padahal nikmat harta adalah nikmat yg paling bawah. Nikmat yg paling tinggi adalah nikmat mata, nikmat kesehatan. Rubahlah cara berpikir kita ttg nikmat. Banyak nikmat Allah yg hrs disyukuri selain harta.
2. Surah Hud 10
وَلَئِنْ أَذَقْنَاهُ نَعْمَاءَ بَعْدَ ضَرَّاءَ مَسَّتْهُ لَيَقُولَنَّ ذَهَبَ السَّيِّئَاتُ عَنِّي ۚ إِنَّهُ لَفَرِحٌ فَخُورٌ
Dan jika Kami rasakan kepadanya kebahagiaan sesudah bencana yang menimpanya, niscaya dia akan berkata: “Telah hilang bencana-bencana itu daripadaku”; sesungguhnya dia sangat gembira lagi bangga,
Sifat buruk kedua adalah kalo dpt nikmat setelah musibah , manusia akan lalai dan sombong. Kalo dpt nikmat lupa diri.
Perkataan ulama dr dua ayat diatas :
Manusia kalo dpt ujian setelah dpt nikmat banyak yg menggerutu, putus asa akan nikmat Allah. Demikian pula kebalikannya, kalo dpt nikmat setelah dpt musibah maka dia akan lalai. Lupa bahwa yg memberikan nikmat dlm bentuk harta adalah Allah.
Ingatlah kpd Qarun, dia berkata bahwa dia memperoleh harta karena kepintarannya dan kemahirannya dlm berdagang, lupa kpd Allah, maka Allah benamkan seluruh hartanya ke dlm bumi. Firaun diberi kekuasaan dia menjadi sombong.
3. Ibrahim 34
وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ
Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).
Sifat buruk yg ketiga adalah manusia apabila dpt nikmat cenderung berbuat zalim – zalim adalah tdk menempatkan sesuatu pd tempatnya. Ketika memperoleh nikmat dia berlaku zalim. Setiap manusia melakukan kemaksiatan maka dia melakukan kezaliman (menempatkan nikmat tdk pd tempatnya). Cara bersyukur pd Allah :
1. Mengenal nikmat2 tsb
2. Mengenal pemberi nikmat
3. Mencintai pemberi nikmat
4. Patuh kpd pemberi nikmat
5. Letakkan nikmat tsb kedalam ketaatan
Contoh : ketika manusia mendapatkan kesehatan, dia tdk menggunakan sehatnya tsb utk beribadah kpd Allah. Ketika manusia mendapatkan harta, dia tdk menggunakan harta tsb dijalan Allah – zakat, infaq, membantu orang lain, berqurban dg domba yg paling bagus.
Setiap ketaaan adalah syukur kpd Allah.
Faedah bersyukur :
A. Membuat nikmat semakin bertambah
B. Membuat org tdk sombong dan congkak
C. Terhindar dr sikap ujub
4. Al Isra 11
وَيَدْعُ الْإِنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاءَهُ بِالْخَيْرِ ۖ وَكَانَ الْإِنْسَانُ عَجُولًا
Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.
Sifat buruk yg keempat tergesa-gesa dalam keinganannya memperoleh sesuatu atau utk menuju kpd suatu target yg dia tetapkan. Contoh : suami pulang kerumah abis kerja melihat rumah berantakan istri lg tidur, maka suami jgn tergesa utk memarahi istri, ada beberapa alasan istri spt itu.
5. An Nahl 4
خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ نُطْفَةٍ فَإِذَا هُوَ خَصِيمٌ مُبِينٌ
Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.
Sifat buruk manusia yg kelima adalah suka berkelahi, berdebat
6. An Nisa 28
يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ ۚ وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا
Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.
Sifat buruk ke enam adalah manusia itu lemah terhadap syahwat. Kelemahan laki2 adalah wanita. Jgn main2 terhadap godaan wanita, manusia itu adalah lemah. Laki2 yg melihat wanita akan dibuat indah  oleh setan. Nikmat Allah yg besar adalah sesorg dijauhkan dr maksiat oleh Allah.  Bersyukurlah apabila kita diberi nikmat terhindar dr perbuatan keji, dr perzinahan.

Ade – Sahabat Imanuddin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.