Hati hati dengan hatimu

0
847

Ustadz Abu Ihsan al Maidani

Al qolbu adalah jantung, adalah organ di tubuh manusia, yg bekerja tanpa perintah otak, dia terus bekerja. Hadits Rasul : diantara dua jari jemari Allah adalah jantung/hati yg dibolak balikan oleh Allah sekehendakNya. Hadits Rasul : jika dia baik maka baik seluruhnya jika dia rusak maka rusak seluruhnya , dialah jantung/hati.
Apabila hati ini banyak noda2 maksiat maka rusaklah anggota badan lainnya, matanya suka melihat yg dilarang Allah, telingannya sering mendengar yg dilarang Allah. Maka jantung/hati anda jagalah, jangan dinodai dg kemaksiatan. Jagalah secafa fisik dan non fisik. Terkadang kita berpikir utk melakukan sesuatu tp ternyata tdk kita lakukan, karena komandan organ tubuh adalah jantung/hati, dialah yg memerintahkan utk melakukan sesuatu.
Sering kita merasakan hati yg sempit, padahal semua kebutuhan hidup terpenuhi, tp tdk bahagia.
Salah satu sumber kebahagian adalah rumah yg lapang, bukan rumah yg luasnya 1000m2, tapi maksudnya adalah hati yang lapang , seolah seluruh dunia miliknya, hatilah yg memberi kebahagian. Bahagia adalah sesuatu yg dirasakan oleh hati. Ada org yg sakit tp bahagia, ada jg org yg sehat tp tdk bahagia.
Dan sumber kebahagiaan lain adalah kita bersama org lain, manusia perlu berhubungan dg org lain, perlu berinteraksi dg org lain.

Ibnul Qoyim al Jauziyah menulis buku tentang hati, di dalam pengantarnya ditulis, mengapa perkataan para salaf itu lebih bermanfaaf drpd perkataan kita, dijawab : karena mereka berbicara utk kemuliaan Islam, utk memperbaiki diri, yg dibicarakan adalah kekurangan diri kita sehingga kita tau kekurangan tsb dan memperbaikinya.
Perkataan Ibnul Qoyim: Keadaan kita dialam kubur adalah sama dg keadaan hati di dalam dada. Nikmat dan azab di dunia ini yg paling banyak merasakan paling dominan adalah jasmani, di alam kubur yg merasakan adalah rohani, di akherat yg merasakan adalah seimbang antara jasmani dan rohani. Azab dan nikmat yg sempurna berada di akherat, di neraka dan surga.
Jadi kalo mau merasakan kenikmatan di alam kubur dan akherat maka jagalah hati.
Hati yg paling bersih adalah hati Rasulullah Muhammad, setelah itu adalah para sahabat.

Cara memperbaiki hati yg lemah :

1. Hati perlu keteladanan / bergaul dg orang2 soleh ; contohnya dalam mengendalikan marah , marah adalah titik lemah manusia, salah satu yg membuat manusia menjadi berubah kasar. Dan tidak dpt mengontrol akal pikirannya. Ketika Rasulullah ditarik selendangnya dg kencang oleh seorang baduwi sampai lehernya berbekas, dan baduwi itu berkata wahai Rasul berikan nikmat Allah yg diberikan kepadamu – maksudnya selendang, maka Rasulullah tersenyum dan berkata kpd Anas bin Malik utk memberikan selendang tsb. Pengendalian marah yg sempurna.

2. Hati identik dg cinta, cinta dpt membuat manusia menjadi lemah jika dia tdk membuat cintanya karena Allah. Cinta letaknya di dalam hati. Cinta itu adalah sarana ibadah. Hadits Rasul : ada 3 perkara yg apabila ada pd hati seseorg maka dia akan merasakan manisnya iman, dia adalah :
A. Menjadikan Allah dan RasulNya yg paling dicintai – selalu khusnuzon sama Allah didalam keadaan susah,
B. Mencintai sesuatu karena Allah-ketika kita dihadapi sama dua pilihan yaitu perintah dan larangan Allah atau mencintai seseorg dg melanggar larangan2 Allah, maka apabila kita memilih Allah maka kita akan memperoleh ketenangan hati. Banyak org melakukan kemaksiatan karena alasan mencintai keluarganya, contoh korupsi. Kalo kita cinta sesuatu bukan utk ketaatan kpd Allah maka itu jadi penyebab hati yg sempit.
C. Membenci kekafiran sebagaimana dia membenci dilemparkannya ke dlm api neraka, membenci thd hal2 yg buruk, benci hal2 yg dilarang oleh Allah. Ketika kita hadir di majelis ilmu kita merasa iman kita naik tinggi  , tapi ketika kita keluar dr majelis tadi maka kita lupa akan iman yg naik tadi. Lupa adalah penyebab hati yg sempit.
Ade Sahabat Imanuddin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.