Dahsyatnya Ramadhan

0
1064

Review Kajian dengan tema Dahsyatnya Ramadhan dengan  pemateri Ustadz Dr. Khalid Basalamah, MA.

Senin, 30 Mei 2016, di Masjid Al-Ikhlas, Komplek Karang Tengah Ciledug, Tangerang

Banyak diantara kaum muslimin meramaikan ramadhan hanya sekedar membangunkan sahur, ditunggu idul fitrinya dan memakai pakaian baru. Sesungguhnya Allah telah menyiapkan buat kita lembaga2 training utk meningkatkan iman dan ketaqwaan manusia. Dan puncak training seorg muslim adalah Ramadhan. Trainernya adalah Allah , staff nya para malaikat, yg menjadi bukti buku amal lebih canggih dr teknologi skrg, pesertanya seluruh muslim dunia dan gratis. Suasana bulan ramadhan sangat kondusif utk melakukan ibadah, kalo keadaan itu tdk membuat manusia lebih baik maka apa lagi yg akan membuatnya lebih baik lg. Semua pintu surga dibuka, semua pintu neraka ditutup, setan2 dibelenggu. Artinya pendaftaran surga dibuka, rahmatnya Allah mengalahkan murkanya, kesempatan menghapus nama kita di neraka, dan penghambat2 ibadah dibelenggu. Ramadhan bulan penuh berkah dan rahmat. Isi waktu ramadhan dg ibadah. Allah membanggakan makhluknya didepan malaikatNya.
Beberapa ibadah di bulan Ramadhan:

1. Puasa, ibadah yg paling besar pahalanya. Hadits Qudsi: semua amalan anak adam sdh ditentukan pahalanya setiap amal yg dilaksanakan akan dilipatgandakan dr 10 kali sampai 700 kali lipat kecuali puasa, puasa milikKu dan Aku yg akan membalasnya, org puasa akan diberi dua kegembiraan waktu gembira pd waktu berbuka dan ketika bertemu dg Rabb nya.

Puasa ramadhan laksanakan dg iman dan harapan pahalanya maka akan dibersihkan dosa2nya. Jangan bohong, jangan rafats, jangan menyentuh, jangan berbuat bodoh yg sia2.

2. Shalat Tarawih, shalat malam di bulan Ramadhan yg ada waktu istirahatnya tiap 2 atau 4 rakaat. Di Ramadhan shalat malamnya dilakukan di awal malam sesuai dg apa yg dilakukan oleh Rasulullah. Agar setiap muslim mampu melaksanakannya. Bila dilaksanakan dg iman dan harap pahala maka akan dihapuskan dosa2 nya. Boleh 11 rakaat, 23 rakaat dan boleh lebih. Siapa yg shalat bersama imamnya sampai selesai maka akan dicatat dia melakukan shalat semlm suntuk.

3. Sodaqoh, sodaqoh paling afdol di bulan ramadhan dan Rasulullah paling gemar melakukannya di bulan ini. Berikan yg terbaik. Sodaqoh yg paling baik di ramadhan: buka puasakan org lain.

4. Membaca alquran, para sahabat kalo udah msk ramadhan maka semuanya membaca alquran. Baca, tadabbur (10 ayat), hafal (2 ayat), amalkan isinya

Al Baqarah 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
5. Umroh, umroh di ramadhan pahalanya sama spt ibadah haji bersama Rasulullah.

6. Itikaf, mengikat diri di mesjid agar terbiasa shalat wajib di mesjid. Dianjurkan 10 hari terakhir ramadhan. Masuk mesjid di malam ke 20 sampai selesai setelah shalat idul fitri. Kalo ngga bisa maka bisa pilih hari2 yg kita bisa itikaf. Itikaf jg utk mengejar lailatur qadr.

7. Duduk dan dzikir setelah shalat subuh sampai dg terbit fajar dan shalat 2 rakaat setelah itu

8. Memperbanyak ibadah : bakti org tua, membantu org dll.

Ade – Maa Haadzaa

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.