Copy Paste

0
664

Ustadz Nuzul Dzikri

Allah menciptakan kita utk sebuah tujuan yaitu agar kita beribadah kpd Allah.
QS Al Ghasiyah.
عَامِلَةٌ نَاصِبَة
bekerja keras lagi kepayahan,

تَصْلَىٰ نَارًا حَامِيَةً
memasuki api yang sangat panas (neraka),

Tafsir ayat ini adalah org2 yg kepayahan karena beramal ibadah. Tapi ternyata tdk semua yg beribadah itu masuk sorga. Tidak mungkin dia msk neraka karena kezoliman Allah. Menurut ulama mereka msk neraka karena mereka tdk memenuhi syarat2 ibadah. Syaratnya adalah : ikhlas dan ittiba’ (copy paste ibadahnya Rasulullah).

Ali imran 31
قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ketika beribadah harus mengikuti apa yg dilakukan oleh Rasulullah. Hadits : barangsiapa yg beribadah dan tdk mengikuti caraku maka akan tertolak.
Hadits : shalatlah seperti aku shalat (copy paste). Hadits : ambil manasik hajiku (copy paste).
Dari sini kita bisa memahami bahwa niat baik saja tidak cukup dalam ibadah, melainkan ibadah itu harus sesuai dg apa yg dilakukan oleh Rasulullah. Niat baik harus diselaraskan dg cara yg benar. Cara yg benar adalah sesuai dg Rasulullah.

Mengikuti sunnah Rasulullah adalah mengikuti metodenya atau konsepnya. Dalam ibadah kita harus menunggu dalil karena dalam ibadah adalah menunggu perintah, hukum dasar ibadah adalah haram sampai dg datangnya perintah.
Dalam non ibadah kita harus melihat dalil yg melarangnya, selain yg dilarang maka boleh dilakukan.

Masa kejayaan Islam adalah ketika kaum muslimin mengikuti sunnah Rasul.
Dalam ibadah hrs ada 6 aspek :
1. Sebab , kalo rasul menentukan sesuatu sbg sebab ibadah maka jadikan ibadah, contoh masuk mesjid menjadikan sebab shalat tahiyatul mesjid.
2. Jenis, kalo rasul menentukan jenis tertentu dlm ibadah maka gunakan jenis tsb, contoh qurban dengan kambing, domba, sapi , unta harus dg 4 jenis hewan tsb.
3. Kadar, kalo rasul menentukan kadarnya maka kita hrs ikuti kadarnya, contoh shalat dzuhur 4 rakaat, thawaf 7 kali
4. Tata cara, kalo rasul menentukan tata caranya maka ikutin, contoh shalat dimulai dg takbiratul ihram diakhiri dg salam, harus berurutan
5. Tempat, kalo rasul menentukan tempatnya maka ikuti tempatnya, contoh thawaf di mesjidil haram
6. Waktu, kalo rasul menetapkan waktunya maka ikuti waktunya, contoh shalat subuh di saat terbit fajar.

Ade Sahabat Imunuddin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.