Ciri Ciri Orang Masuk Surga

0
749

Ustad Firanda Andirja

Sorga merupakan tujuan dan cita2 org muslim termasuk para nabi. Rasulullah menyuruh kita utk berdoa minta sorga firdaus.
Pintu2 menuju surga adalah banyak. Terkadang Allah membukakan bagi sesorg satu pintu kebaikan menuju surga dan ada yg diberi banyak pintu2 kebaikan (Abu Bakar) sehingga dia bisa masuk sorga dr pintu2 tsb.
Adapun ciri2 penghuni sorga adalah :

Mudah memaafkan orang lain. QS Ali Imran 133-134. Memaafkan org lain adalah bukan perkara sepele, oleh karena itu Allah menekankan ttg pentingnya amalan tsb. Salah satu amalan yg membuat org msk sorga adalah memaafkan org lain.
Orang yg paling mudah memaafkan org lain adalah Rasulullah Muhammad. Contoh :
1. Pd saat Rasulullah diusir oleh org2 Thaif pd waktu berdakwah ; dilempar oleh2 org Thaif. Pd saat itu Allah mengutus malaikat gunung utk menerima perintah dr Rasulullah utk menghukum org2 Thaif tp ternyata Rasulullah malah memohon kpd Allah agar memberi pengampunan kpd org2 Thaif dan mendoakan agar dr kota tsb akan bermunculan org2 yg selalu bertaqwa kpd Allah. Dan dikabulkan doanya oleh Allah.
2. Rasulullah selalu bersikap baik kpd gembong munafik di madinah yaitu Abdullah bin Ubay bin Salul walaupun org itu sering menyakiti hati Rasulullah dan keluarganya, salah satunya adalah menuduh Aisyah berzina dan tuduhan itu tdk benar sama sekali.
3. Rasulullah pernah ditarik kainnya oleh seorg arab baduwi sedemikian kerasnya sampai berbekas di leher Rasullah akan tetapi sama sekali Rasulullah sama sekali tdk marah dan malah berbalik dan tersenyum serta memberikan kainnya.

Contoh lain selain Rasulullah:
1. Syaikul Islam Ibnu Taimiyah; beliau pernah dituduh kafir oleh salah satu sultan atas anjuran para menterinya dan beliau di penjara. Pd saat itu ternyata sultan di kudeta oleh menteri2nya. Setelah dia turun maka dia berusaha utk bales dendam dan akan mengambil kekuasaannya kembali dan berhasil. Pd waktu sultan itu berhasil kembali maka dia meminta kpd Ibnu Taimiyah utk menjatuhkan fatwa berupa hukuman kpd menteri2 itu akan tetapi ternyata Ibnu Taimiyah mengatakan agar sultan memaafkan mereka.

20 sebab kita hrs bisa memaafkan (dalam kitab Ibnu Taimiyah:
1. Seorg harus sadar bahwa Allah yg menciptakan segala sesuatu di jagat raya itu menurut kehendak Allah , sudah ditakdirkan oleh Allah, kalo sudah ditakdirkan maka tidak akan bisa dihindari
2. Harus ingat akan dosa2nya, dia tdk akan menerima kezoliman kecuali karena dosa yg pernah dilakukan. Seseorg mendapati istrinya tdk patuh pdnya oleh karena dosa2 yg telah ia lakukan. Jika seseorg sadar bahwa segala sesuatu yg dia benci terjadi atas dirinya karena dosa2nya maka dia akan cepat memaafkan org yg berbuat zolim kpdnya.
3. Hendaknya ingat besarnya pahala org yg memaafkan dan yg berbuat baik. Balasan keburukan adalah keburukan kpdnya namun jika dia bersabar maka itu jauh lebih baik baginya. Allah akan memberikan balasan yg baik.
4. Bahwasanya jika kita memaafkan maka akan dianugerahkan kpd nya hati yg bersih. Jika hatinya bersih maka dia akan mendapatkan manfaat yg besar. Hatinya akan lapang dan tenteram, bisa tidur dg tenang.
5. Hendaknya org sadar tdk lah dia akan memperoleh sesuatu yg baik apabila dia menjalankan dendam, Allah akan meninggikan org yg memaafkan, jgn lah dendam. Allah akan menaikkan derajatnya.
6. Harus ingat bahwa balasan sesuai dg amal, apabila dia suka memaafkan org lain maka Allah akan suka utk memaafkan dirinya.
7. Kalo dia sibuk utk membalas org tersebut maka waktunya akan terbuang sia2. Dan belum tentu org yg ingin dihabisinya akan kalah, bisa jadi dia malah dihabisi oleh lawannya. Banyak maslahat luput karena dia ingin balas dendam.

Ade Chandra Sahabat Imanuddin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.