Berhati Dua

0
499

Ustad Ibnu Bakri

Hati itu tempatnya cinta, tempatnya takut, tempatnya harap, tempatnya tawakal. Berhati dua adalah cinta kpd Allah dan jg cinta kpd yg selainNya dlm kadar yg sama. Hal ini adalah dilarang. Namanya syirik. Bahaya yg paling besar. Kezaliman yg paling zalim ketika seseorg melakukan kesyirikan kpd Allah.
Kesyirikan pertama kali terjadi pd zaman nabi Nuh. Kaum nabi Nuh menyembah 5 patung org soleh. Kesyirikan yg terjadi karena berlebih2an mencintai org soleh. Mencintai org soleh adalah harus tp jangan mengkultuskannya, akan menjadi syirik bila spt itu. Kita cinta kpd Rasul melebihi cinta kita kpd diri sendiri. Kita diperintah utk mencintai Rasul dr segala sesuatu tp Rasul berkata janganlah kalian memuji2 aku sebagaimana kaum nasrani memuji Isa secara berlebih2an. Rasul tidak suka apabila beliau datang maka para sahabat pada berdiri utk menghormatinya. Rasulullah selalu menanamkan jiwa2 tauhid kpd para sahabat. Kita mencintai Rasul adalah wajib tapi jangan samakan cinta tsb kepada Allah. Cinta bisa berubah menjadi kesyirikan apabila salah menempatkannya.
Ketika kepentingan Allah dan Rasulnya bertabrakan dg kepentingan kita maka itu adalah ujian. Jangan sampai hati kita mendua sehingga memasukkan kita ke dlm kesyirikan.
Rasa takut kpd sesuatu yg menyeramkan itu tabiat. Takut kpd singa itu tabiat. Itu tidak mengapa Tapi takut apabila melewati kuburan itu adalah syirik.

Al A raf
قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”.

Takut yg salah akan memasukkan manusia kpd kesyirikan. Contoh org pake cincin utk menghindari diri dr bala, menandakan dia bertawakal kpd cincin atau jimat tsb. Itu kesyirikan. Hati2 dg sugesti, karena pake gelang dia jadi kuat kalo ngga pake gelang maka dia lemah, itu tawakal kpd gelang namanya. Itu kesyirikan.
Kalo shalat dg dua niat, pertama niat karena Allah yg kedua niat karena ingin disebut oleh manusia, maka dia tdk mendapatkan pahala. Allah tdk akan menerima amal kecuali betul2 ikhlas kpd Allah saja. Hati jangan mendua.

Hud 15 16

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.
أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.

HaditsRasul : siapa yg niatnya dunia maka Allah akan cerai beraikan urusannya dan dunia tdk akan mendatanginya kecuali yg telah ditetapkan atasnya, siapa yg niatnya akherat maka Allah akan kokohkan dirinya dan dunia akan mendatanginya.

Hati2 jika kita beribadah jangan sampai hati kita mendua. Jangan sampai takut kita mendua. Jangan sampai tawakal kita mendua. Ibadah, takut dan tawakalah hanya kpd Allah.
Jangan anggap remeh maksiat karena lama2 akan membawa kpd kekufuran, maksiat adalah corong kekafiran. Wanita yg suka berzina maka hanya boleh menikah kpd lelaki yg suka berzina atau lelaki musyrik. Knp ? Karena wanita yg suka bermaksiat merupakan corong menuju kekufuran. Hati2 thd maksiat. Jangan anggap remeh maksiat.
Meyakini adanya hari buruk dan hari baik itu adalah keyakinan jahiliyah bukan dr Islam. Penentuan hari baik dalam pernikahan itu termasuk syirik. Yg menentukan kebaikan dan keburukan adalah Allah bukanlah hari2 tertentu.

Ade – Sahabat Imanuddin

Tinggalkan Balasan