Agar lentera itu tidak padam

0
562

Oleh: Ustad Nuzul Dzikri حَفِظَهُ اللهُ

Ilmu itu adalah cahaya karena dg ilmu kita bisa tahu mana yg benar dan mana yg salah. Ilmu adalah jalan pintas menuju surga. Menuntut ilmu agama adalah bukan ibadah yg independen. Ilmu itu harus diamalkan agar tidak padam. Ilmu itu bukan hanya utk dicatat. Sesungguhnya jika Allah dan RasulNya menjelaskan ilmu itu adalah utk diamalkan bukan hanya utk didengar.

Agar lentera tidak padam :

1. Motivasi para ulama utk menuntut ilmu adalah utk diamalkan.  Imam Ahmad : tidaklah aku menulis hadits kecuali telah aku amalkan. Abdullah bin Masud: dahulu kita ngaji bersama Rasulullah 10 ayat 10 ayat sampai kita mengerti dan mengamalkannya baru masuk 10 ayat selanjutnya.

2. Ilmu itu harus diamalkan, karena kalo tdk diamalkan akan mendapat murka Allah.

QS : As Shaf 2-3
“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?

Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”

3. Ilmunya org beriman adalah di prakteknya. Ilmunya org munafik tdk diamalkan. Abdullah bin ubay bin salul juga ikut majelis Rasulullah tp dia tdk mengamalkan ilmu yg didapatkannya.
Para sahabat sangat bersemangat dalam mengamalkan ilmunya.

4. Bahwa kita akan bahagia adalah dg mengamalkan ilmu2 yg telah kita dapatkan. Allah akan memberikan kebahagian apabila kita melaksanakan syariatNya. Penuh dg kebahagiaan. Kehidupan bahagia adalah bukan kehidupan yg tanpa masalah, jadi wajar kita selalu ada masalah. Rasulullah hidup bahagia tp banyak bertemu masalah, Rasulullah dibilang gila sama musyrik Quraisy selama 10 tahun di Mekkah tapi tetap hidup bahagia. Allah lah yg menyelesaikan masalah2 kita semua. Kebahagian haqiqi adalah ketika bersujud kpd Allah.

Ade – Sahabat Imanuddin

Tinggalkan Balasan